Agustus, Perajin Mobil Hias Kebanjiran Pesanan

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Bulan Agustus diperingati sebagai bulan kemerdekaan bagi rakyat Indonesia, beragam cara dilakukan masyarakat untuk merayakannya. Salah satunya dengan pawai budaya yang menggunakan mobil hias sebagai pelengkapnya.  Hal tersebut, mendatangkan berkah tersendiri bagi perajin mobil hias. Dalam sebulan, mereka mampu mendapatkan orderan hingga 7 buah kendaraan.

Salah satunya perajin mobil hias di Kelurahan Doromukti, Kecamatan Tuban, Abidin (40) mengatakan, setiap bulan Agustus pihaknya selalu kebanjiran orderan. Biasanya awal bulan Agustus sampai akhir bulan, ia menerima 5 sampai 7 pesenan. 

"Alhamdulillah, tahun ini sudah ada 7 mobil yang akan dihias," ungkap Abidin.

Lebih lanjut, untuk satu mobil hias ia membandrol Rp15 juta sampai Rp20 juta. Tergantung dari model dan kerumitan saat pengerjaannya.  

"Harga relatifnya sekitar Rp15 jutaan," ungkapnya. 

Hal senada juga diungkapkan perajin mobil hias lainnya, yang berlokasi di Jalan KH. Agus Salim, Basuki (55) mengatakan, selain menjadi perajin kursi,  apabila menjelang bulan Agustus ia juga menerima orderan mobil hias 

"Kalau orderan kursi sedang banyak, tidak berani mengambil orderan mobil hias banyak," ungkap Basuki. 

Ia menambahkan, konsumennya berasal dari sekolah - sekolah yang ada di Tuban. Selain itu, lama pengerjaannya tergantung dari model yang diinginkan konsumennya.

"Kalau bentuknya rumit, sekitar 2 mingguan," tandasnya. [nid/col]