Sispala Tuban Bakal Gelar Upacara di Tebing Dempel

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sejumlah Siswa Pecinta Alam (Sispala) yang ada di Kabupaten Tuban, besok Sabtu (17/8/2019) bakal menggelar upacara peringatan kemerdekaan di Tebing Sundulan, Dusun Dempel, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang.

Bukan tanpa sebab siswa-siswi pecinta alam tersebut memilih tempat yang beda dari pada gelaran upacara pada umumnya. Mereka ingin menunjukkan keberadaan Sispala, dengan mengedepankan potensi alam lokal Kabupaten Tuban sekitarnya.

Ketua Panitia penyelenggara Sispala, Eine Citra mengungkapkan bahwa tebing di Dusun Dempel mempunyai spot yang asyik dan unik buat  upacara kemerdekaan besok. Berada di perbukit tinggi nan cukup terjal, tebing tersebut menyuguhkan lanskap alam sebagai pelengkap kegiatan. Mengingat selain upacara kemerdekaan, ada juga agenda camp yang dibuat sekitar tebing Sundulan.

"Untuk memperkuat tali silaturahim antar Sispala yang ada di Kabupaten Tuban juga, kita adakan upacara dan camp area disini," tutur dara asal Palapa, SMA Negeri 3 Tuban itu kepada blokTuban.com, Jumat (16/8/2019).

Ditambahkannya lagi, pada area tebing yang cukup tenang dipakai camping tersebut, esok bakal dikibarkan Bendera Merah Putih Raksasa sepanjang 10 meter.

"Sudah ada beberapa yang ikut gabung buat upacara bendera besok. Ada yang dari Rengel, Tuban, juga kawan Sispala dari Bojonegoro," imbuhnya.

Sispala lain asal Smepdapala SMK PGRI 2 Tuban, Sohibul Ahyar juga mengungkapkan apresiasinya terhadap agenda ini. Dengan adanya silaturahmi antar Sispala, camping, dan juga pengibaran bendera besok, diharapkan bisa menggalakkan lagi peran Sispala di mata umum, khususnya di Kabupaten Tuban.

"Selain dari Sispala, Mapala, umum juga diperbolehkan ikut. Nanti ada agenda sharing santai juga untuk penguatan silaturahmi," ucapnya. [feb/col]