Momentum Idul Adha, Membawa Berkah Bagi Pengepul Kulit

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Momentum Hari Raya Idul Adha membawa berkah tersendiri bagi pengepul kulit hewan di Tuban. Meski salat Idul Adha telah berlalu, namun masih banyak masyarakat yang menyebelih hewan kurbannya sampai detik ini, Selasa (13/8/2019).

Hal tersebut mendatangkan keuntungan tersendiri bagi pengepul kulit hewan, dalam sehari para pengepul kulit hewan mampu mengumpulkan sampai 1000 biji kulit.

Salah satunya, pengepul kulit hewan yang berlokasi di depan pasar hewan, Kelurahan Gedungombo, Kecamatan Semanding. Ajik (48) mengatakan,  selama hari H  sampai H+3 hari raya Idul Adha,  masih banyak masyarakat yang menjual kulit hewan kurbannya.

"Hari H samapi H+3 masih ramai, sehari bisa sampai 1000 biji kulit,"ungkap Ajik.

Harga kulit yang diterimanya bervariasi, untuk kulit sapi persatukilogramnya dihargai Rp.  6000 ribu dan kulit kambing perbijinya dihargai Rp. 20.000 ribu.

"Lebih mahal kulit kambing,  karena  digunakan untuk sepatu dan baju,"ungkapnya.

Hal senda juga diungkapkan pengepul lainnya,  momentum idul adha berkah tersendiri baginya karena,  omzetnya dagangannya naik 100 persen dari hari biasa.

"Alhamdulillah berkah idul adha, omzet naik 100 persen," imbuhnya.

Ia menambahkan, nantinya kulit hewan tersebut setelah dibersihkn akan dikirim ke pabrik yang ada di Sidoarjo dan Surabaya.

 "Dari pabrik langsung datang ke rumah, untuk mengambil,"tandasnya.[nid/ito]