Bupati Tuban Minta Daging Kurban Disalurkan pada yang Berhak

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Suara takbir menggema dari masjid di seluruh pelosok Kabupaten Tuban. Umat muslim berbondong-bondong menuju masjid terdekat rumah mereka untuk menunaikan ibadah Salat Idul Adha.

Bupati Tuban, Wabup, Ketua DPRD beserta Sekda dan pimpinan OPD Kabupaten Tuban bersama-sama menunaikan Salat Idul Adha di Masjid Agung Tuban, Minggu (11/08/2019) pagi. 

Kehadiran Bupati beserta rombongan disambut masyarakat yang telah memadati Alun-Alun Tuban dan Masjid Agung Tuban. Adapun imam dan khotib pada Salat Idul Adha kali ini adalah KH. Najib Buchori, MA. 

Setelah menunaikan Salat Idul Adha berjamaah, Bupati Tuban secara simbolis menyerahkan hewan kurban kepada Takmir Masjid Agung Tuban dan panitia penyembelihan hewan kurban Pemkab Tuban.

Usai penyerahan, Bupati Tuban mengungkapkan bahwa Dzuhijah merupakan salah satu dari empat bulan istimewa dalam kalender Islam. Oleh karena itu, harus dimaksimalkan dengan meningkatkan kualitas ketaqwaan dan ibadah. Idul Adha juga sebagai momen untuk saling berbagi atas nikmat yang diberikan.

Bupati Huda menambahkan agar daging hewan kurban dapat diserahkan hari ini dan disalurkan dengan baik. “Harus disalurkan kepada penerima yang berhak,” tutur bupati.

Pada kesempatan yang sama, Bupati menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyemarakkan Idul Adha. Hal ini menjadi bentuk syiar agama Islam di Bumi Wali Tuban. 

Menurut data yang  berhasil dihimpun dari Bagian Kesra Kabupaten Tuban tercatat  ada 17 Sapi dan 7 Kambing yang akan dibagikan kepada beberapa Masjid, Musala, Pondok Pesantren, TPQ, Panti Asuhan yang tersebar di Seluruh Kecamatan se-Kabupaten Tuban serta PCNU dan PD Muhammadiyah Kabupaten Tuban. Hewan kurban berasal dari Bupati Tuban, OPD, BUMD, dan perusahaan di Kabupaten Tuban.

Sebelumnya, pada Sabtu (09/08/2019) malam, Pemkab Tuban juga mengadakan Takbir Keliling yang diikuti OPD, lembaga vertikal, sekolah di Kabupaten Tuban. Bupati secara langsung memberangkatkan sebanyak 105 mobil untuk takbir keliling. Dengan pengawalan dari Polres Tuban, iringan mobil mengelilingi jalanan protokol Kota Tuban mengumandangkan takbir dan tahmid. [ali/col]