50 TK-RA Tuban Usung Budaya Nusantara 

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Setiap tahun Pemkab Tuban memiliki cara untuk menanamkan rasa cinta tanah air dengan keaneragaman budayanya kepada anak usia dini. Salah satunya dengan pawai bagi anak-anak TK/RA untuk meramaikan HUT RI ke-74 tahun 2019. 

Acara dibuka dan diberangkatkan langsung oleh Istri Sekda Tuban, Sri Rahayu Budi Wiyana. Didampingi seluruh pejabat Pemkab Tuban, dan disaksikan meriah oleh ratusan masyatakat sekitar. 

"Pawai TK/RA ini salah satu tujuannya mengenalkan budaya nusantara ke generasi masa depan Bumi Wali," kata Sri Rahayu dalam sambutannya di depan Alun-alun Tuban, Sabtu (10/8/2019).

Tahun ini, kata Sri Rahayu ada 50 lembaga yang terlibat dengan jumlah lebih dari 1.000 lebih peserta. Diharapkan dengan memakai budaya setiap daerah, diharapkan timbul rasa cinta dan mendalami kekayaan budaya nusantara.

Tak jauh berbeda dengan tahun lalu, kali ini budaya Bali, Papua, dan Dayak masih menjadi andalan lembaga untuk tampil terbaik. Segala pernak-pernik mulai adat istiadat, kostum, hingga tari-tarian ditampilkan dihadapan pejabat Pemkab. 

Riuhnya animo peserta, membuat masyarakat yang melihat sering terhibur. Karena tak sedikit yang bersemangat, jalan terlalu cepat, hingga serius saat berjalan. 

Rute pawai  yang dilalui, start Jalan Kartini depan pemkab-Jalan Veteran, Jalan Basuki Rahmat, Jalan KH. Mustain dan finish di Alun-alun kembali. 

Teriknya sinar mentari dan banyaknya peserta, membuat iring-iringan pawai berhenti. Kendati demikian, petugas gabungan tengah siap menjaga acara dari gangguan Kamtibmas. [ali/ono]