SiMonik,  Mobil Keliling  Lowongan Kerja Online

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Pelaksana job market fair tahun 2019 yang diadakan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Tenaga Kerja  Kabupaten Tuban, berlokasi di Gedung Budaya, berlangsung selama dua hari, 30 samapai 31 Juli 2019. Turut serta megundang Sarana Intensif Mobil Infomasi Kerja Keliling (SiMonik) salah satu program milik Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Provinsi Jawa Timur (Jatim).


Staf Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim,  Ngatemin mengatakan, SiMonik bertujuan untuk lebih mendekatkan pelayanan pemerintah kepada pencari kerja dan pengguna tenaga kerja serta sebagai sarana edukasi penggunaan teknologi informasi kepada masyarakat.

"Dengan adanya mobil keliling ini, informasi lowongan lebih terbuka dan mudah diakses, "kata Ngatemin.

Lebih lanjut, mobil ini  menyedihkan layanan on line lowongan kerja yang aktual dan telah terverifikasi serta bisa berkonsultasi secara langsung.  "Sasaran mobil ini para pencari kerja, siswa sekolah dan masyarakat,"ungkapnya.

Ia menambahkan, layanan mobil keliling ini menjadi pelengkap inovasi layanan publik  "Ayokerja" Disnakertrans Prov Jatim.  Sebuah layanan dibangun dari kreatif dan inovatif dengan pendekatan layanan online secara terpadu dan gratis mulai up date informasi, konsultasi dan bantuan mencocokkan pekerjaan (job matching).

"Dapat diakses melalui www.infokerja-jatim.com,"imbuhnya.

  Adanya program ini menyedot antusias masyarakat, salah satunya Desa Ngino, Kecamatan Semanding  Jauhari (23) mengatakan, adanya program layan mobil keliling sangat membantu untuk mencari lowongan pekerjaan dan juga lowongan ini dapat diakes secara online.
 
"Lebih mudah jadi tidak teralalu terpaku info dari teman,"tandasnya.[nid/ito]