Penjual Bendera Mulai Marak

Pengirim: Sakia Perbawani

blokTuban.com - Tahun 2019 ini Indonesia telah memasuki HUT yang ke-74, tentunya semua masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus tersebut.

Banyak yang mempersiapkan dengan acara lomba-lomba dan menghias kampung atau sekolah. Hari kemerdekaan Indonesia juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengais rezeki khususnya di Tuban.

Banyak pedagang umbul-umbul dan bendera yang membuka lapak di trotoar jalan. Tidak hanya pedagang lokal, juga banyak dari luar daerah.

 Seperti halnya Eki Rohman (43) warga asli Bandung ini. Ia menuturkan mulai hari ini (Jumat (26/7/2019), dia berjualan di jalan dr Soetomo Tuban.

“Tiap tahun saya berjualan bendera dan umbul-umbul di Tuban, ya aman aja berjualan di sini. Banyak teman-teman saya dari Bandung yang buka lapak,” ungkap Eki.

Dia menjelaskan, ia bersama beberapa temannya membuka lapak di tempat yang berbeda. Ada yang di jalan protokol kota maupun di kecamatan kawasan Semanding.

“Dari Bandung saya bersama 3 teman, selanjutnya mereka meneyebar. Ada yang di Kecamatan Semanding juga,” imbuh Eki.

Sementara itu Solikin (36), pedagang asal Desa Temaji Kecamatan Jenu mengaku sudah sejak 21 Juli mulai membuka lapak di jalan Letda Sucipto, namun sementara ini pembeli masih  sepi.

“Sudah mulai 6 hari ini berjualan bendera,” tutur Solikin. 

Pria yang ramah itu menjelaskan, untuk atribut yang ia jual di antaranya umbul-umbul, bendera, background, tiang bendera, tempat tiang dan bambu. [sa/rom]