Warga Tunggu Sosialisasi Camp PHE Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tercatat dua bulan PT Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) mendirikan bascamp survei seismik 3D di Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Dalam rentan waktu tersebut, warga setempat belum pernah menerima sosialisasi terkait kegiatan anak usaha PT Pertamina (persero).

Perwakilan warga Tegalrejo, Aly Duchroini mengatakan seharusnya PHE sebelum melakukan kegiatan menggelar sosialisasi kepada warga sekitar. Di sini mereka sudah kegiatan sekitar dua bulan tapi belum ada sosialiasi.

"Kenapa harus ada sosialisasi, supaya warga tahu apa yang akan dilakukan Pertamina ke depannya," Ucap Duchroini ketika dihubungi blokTuban.com, Senin (8/7/2019).

Beredar informasi, kata Duchroini bahwa tenaga kerja yang akan masuk ke Dusun Becok, Desa Tegalrejo sekitar 1000 orang. Tentunya hal ini dampaknya kepada masyarakat akan luar biasa baik sisi ekonomi, sosial, maupun budaya.

Menanggapi permintaan warga, perwakilan PT PHE TEJ, Eko Broto menjelaskan saat ini terkait kegiatan seismik Tuban sosialisasi dan pekerjaan seismik tingkat desa akan dimulai setelah Pilkades 10 Juli 2019. Hal inj sesuai arahan dari kecamatan saat sosialisasi tingkat kabupaten.

"Sosialisasi saat ini baru dimulai di tingkat kecamatan," terang Eko Broto terpisah.

Lebih dari itu, estimasi sosialisasi desa menunggu terpilihnya kepala desa yang baru untuk menghindari konflik sosial. Adapun sosialisasi pasti dilakukan, namun pihaknya kesulitan dikhawatirkan agenda politik didesa bebarengan dengan Pilkades.

"Kami pasti sosialisasi ke warga sesuai tahapannya," tegasnya.

Catatan blokTuban.com, setelah Sosialisasi Pemboran Sumur Eksplorasi WMA-1, Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) melanjutkan kegiatan eksplorasi demi menemukan cadangan minyak dan gas (migas) baru di wilayah Tuban. Upaya pencarian cadangan baru lainya yang dilakukan oleh PHE TEJ yaitu  survei seismik 3D.

Pada hari Kamis (13/6/2019) lalu, PHE TEJ mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Tuban, dukungan terhadap kegiatan tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein dalam rangkain kegiatan sosialisasi survei seismik 3D PHE TEJ.

Pemerintah Kabupaten Tuban dengan seluruh jajaran dari Kecamatan sampai Desa siap mendukung penuh apa yang akan dilakukan PHE TEJ di wilayah Tuban.

"Kami siap membantu menjadi jembatan komunikasi agar kegiatan seismik ini terlaksana dengan baik," ungkap Wakil Bupati Tuban. [ali/ito]