Empek-Empek 86 Asli Palembang ini Sajikan Menu Khas

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Salah satu kuliner asli Palembang, yakni Empek-Empek, memang banyak ditemui pada pedagang-pedagang sepanjang jalan maupun kawasan wisata. Namun, tak sedikit dari kuliner tersebut punya karakter asli pembawa kota asalnya.

Di Kecamatan Soko, tepatnya di Dusun Badegan, Desa Sokosari, ada kuliner Empek-Empek 86 yang membawa sajian khas original Empek-Empek Palembang. Mulai dari bumbu dasar, kuah, serta kontur yang asli bak menikmati kuliner langsung di Sumatra Selatan.

"Yang khas itu kuahnya, kita pakai kuah Cuko asli Palembang," kata pemilik kuliner Empek-Empek 86, Mbak Jum kepada blokTuban.com, Minggu (30/6/2019).

Benar saja, kuah berwarna hitam cair itu memang sangat beda dibanding kuah Empek-Empek yang dijajakan pedagang jalanan pada umumnya. Rasa manis, gurih, dan sedikit pedas, lumer nan lezat bisa disandingkan dengan Empek-Empek, mie, acar timun dan menu lainnya.

Di warung Empek-Empek 86 ini, ada sejumlah varian menu dengan harga bervariatif. Mulai paket harga Rp 5.000 per porsi, hingga paket spesial dengan harga Rp 22.000 per porsi.

"Ada varian Empek-Empek kapal selam, telur kecil, kulit, adaan, lenjer, yang dibuat dari ikan asli," jelasnya.

Berkat kekhasan kuliner yang ia sajikan, tak sedikit warga masyarakat hingga petinggi desa yang memesan makanan tersebut. Bahkan, ada yang memesan khusus untuk sekedar hajatan maupun berkumpul santai.

Ingin berkunjung dan menikmati menu Empek-Empek 86? Sobat bloKers bisa langsung datang ke lokasinya, yakni sekitar 800 meter ke timur dari simpang 5 Rekol. Warung ini buka pagi, mulai jam 08.00 WIB sampai malam sekitar pukul 21.00 WIB. [feb/ito].