Bunga-Bunga di Gununganyar Laris Diburu Warga

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pasca lebaran yang memasuki hari ke-4 ini, aktivitas masyarakat Desa Gununganyar, Kecamatan Soko masih sibuk dengan petik dan pilah bunga. Banyak dari masyarakat setempat, memiliki lahan bunga untuk keperluan bunga tebar ziarah kubur.

Penuturan warga setempat, Siti mengatakan jika aneka bunga sekar, mulai dari mawar, kenanga, gading, dan jenis lain, telah laris dibeli warga dari dalam maupun luar daerah Kecamatan Soko. Tak tanggung-tanggung, bahkan banyak pemborong yang ikut berdatangan ke sana.

"Warga sekitar sini biasa beli banyak, kadang 1 atau 2 kiloan sudah lumayan," katanya kepada blokTuban.com, Sabtu (8/6/2019).

Dari penjulan bunga-bunga sekar, dia membanderol harga cukup bervariatif. Mulai dari 80 ribu, 100 ribu, 200 ribu, tegantung jenis bunga tang diinginkan.

"Kalau yang lumayan itu bunga gading, harga 100 ribu saya kasih 100 bunga," tambahnya.

Warga lain, Surini juga menuturkan hal yang sama. Sejak 5 hari menjelang hari Raya Idul Fitri beberapa waktu lalu, stok bunga di kebun miliknya selalu ludes diborong pengepul bunga untuk diecer kembali.

Kendati begitu, ia tak menutup juga untuk melayani pembeli dari warga sekitar desa dengan jumlah yang lebih kecil dari pada ukuran borongan.

"Beli sedikit banyak ya dilayani Mas, toh ya sama rezeki. Biasanya petik pagi, belum sampai sore sudah habis tapi. Alhamdulillah, bisa ubtuj tambahan saat lebaran," ungkapnya. [feb/ito]