Jelang Lebaran, Penjualan Buah Siwalan di Tuban Meningkat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019, penjualan buah siwalan di Kabupaten Tuban terus mengalami peningkatan. Jika sebelumnya  penjualan buah ini hanya berkisar antara 20-30 biji per harinya, menjelang Lebaran penjualan meningkat drastis hingga ratusan biji.

Salah satu penjual buah siwalan asal Desa Widengan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Siti Purwaningsih mengatakan, sudah sejak satu minggu ini dagangan buah siwalannya terus laku terjual. 

"Alhamdulillah mendekati lebaran ini buah siwalan laku terus," ujar Purwaningsih, Minggu (2/6/2019).

Menurutnya, beberapa hari ini pembeli rata-rata adalah pemudik yang sengaja membeli buah siwalan untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

"Ya kalau menjelang Lebaran ini biasanya dijadikan oleh-oleh mudik dan rata-rata pembeli membelinya dengan jumlah yang banyak," imbuhnya.

Lebih lanjut, Siti Purwaningsih menjelaskan, pembeli buah siwalan tidak hanya dari warga lokal saja. Buah ini juga kerap diburu oleh sejumlah warga luar Tuban, Seperti Lamongan, Gresik, Bojonegoro, Jombang dan Mojokerto.

"Kalau disini banyak yang membeli yang masih utuh, karena banyak pemudik yang membeli buahsiwalan dari jauh," pungkasnya.[hud/col]