Optimalkan Badan Usaha, Kejari Tuban Ikut Kawal Program JKN - KIS

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Cabang Bojonegoro bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban telah sepakat menandatangani perjanjian kerjasama antar keduanya pada Senin (27/5/2019) lalu. Hal tersebut menyangkut kesepakatan surat perjanjian demi mengoptimalkan peran badan usaha, khususnya mengawal program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) - Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Perjanjian kerjasama itu merupakan kali ke 4 kalinya, kelanjutan dari perjanjian kerjasama sebelumnya yang telah disepakati. Kerjasama antara BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro dengan Kejaksaan Negeri Tuban tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara ini, dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi para pihak dalam Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara serta untuk meningkatkan efektifitas penanganan masalah hukum dalam Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, baik di dalam maupun di luar pengadilan.

"Kejaksaan Negeri Tuban sangat mendukung penuh Program JKN-KIS yang diselenggerakan oleh BPJS Kesehatan, khususnya Cabang Bojonegoro ini. Kerjasama yang berlanjut ini semoga menjadi sinergi yang baik dan semakin baik kedepannya untuk kepatuhan Badan Usaha baik dalam hal pendaftaran pekerja maupun dari sisi kepatuhan pembayaran iurannya” ujar Mustofa, Kepala Kejari Tuban.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bojonegoro Janoe Tegoeh Prasetijo menuturkan, selain penanganan masalah hukum, peran Kejaksaan disini sangat dibutuhkan dalam hal mendorong kepatuhan badan usaha, mulai dari kepatuhan pendaftaran, penyerahan data secara lengkap dan benar.

"Serta pembayaran iuran ini yang tentunya akan kami monitoring secara periodik dan akan dilakukan evaluasi bersama stakeholder" paparnya.

Bertepatan dengan momen bulan Ramadan, kegiatan penandatanganan kerjasama itu juga sebagai wujud silaturahmi bersama para pegawai, sekaligus perkenalan pejabat baru yaitu Kepala Kantor Kabupaten BPJS Kesehatan Tuban, Heny Ratnawati.

“Meskipun saya masih baru di Kota Tuban ini, namun kerjasama dengan Kejaksaan merupakan mitra lawas yang sudah sangat kental sinerginya guna mendukung program JKN-KIS ini," ungkap Heny.

Pihaknya berharap, agar kedepan kerjasama yang telah terjalin ini dapat berlanjut terus sampai seluruh pihak dapat memetik kesuksesan bersama atas program mulia dari pemerintah, yakni program JKN-KIS. [feb/ito].