Besok, Serentak Pengumuman UNBK Tingkat SMP

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Mengenai kabar yang santer beredar terkait pengumuman kelulusan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diumumkan hari ini. Selasa (28/5/2019).

Dinas Pendidikan (Dispendik)  Kabupaten Tuban mebantah, hari ini hanya pengumuman hasil ujian nasional, sedangkan untuk kelulusan akan diumumkan besok.

Kasi Kurikulum, Uswatun Khasanah mengatakan, hari ini hanya pengumuman hasil UNBK dari daerah diserahkan ke sekolah masing - masing. Sedangkan terkait pengumuman kelulusan akan dilakukan besok.

Sesuai dengan kesepakatan sewaktu rapat pagi tadi dengan kepala sekolah SMP negeri mapun suwasta yang ada di Tuban,  hasil pengumuman serentak akan diumumkan pukul 10 pagi.

"Besok serentak se Kabupaten Tuban, pukul 10 pagi,"ungkap Uswatun.

Ia menjelaskan, mengapa tidak bisa diumumkan hari ini. Karena setelah hasil UNBK diserahkan ke sekolah, kemudia sekolah akan mengolah hasi tersebut dengan komponen nilai lainnya.  Setelahnya sekolah juga akan melakukan rapat pleno untuk memutuskan kelulusan siswa.

"Setelah rapat pagi tadi,  Kepala sekolah langsung mengadakan rapat pleno di sekolahnya masing - masing," ungkapnya.

Ia menambahkan, keteria ke lulusan ada beberapa diantaranya, menyelesaikan seluruh program pembelajaran, meperoleh nilai skip atau prilaku minimal baik, mengukit ujian nasional dan lulus USBN sesui dengan keteria yang ditetapkan satuan pendidikan.

Berapapun nilai siswa asal sudah menyelesaikan proses pembelajaran bisa dipastikan lulus. Hal itu karena salah satu syarat kelulusan mengikuti UNBK, berapa pun nilainya. 

"Jika yang bersangkutan tidak mengikuti UNBK berati tidak mengikuti proses pembelajaran hingga usai, sehingga tidak lulus,"tandasnya. [nid/ito]