Tim Verifikasi Madrasah Ramah Anak Tinjau MTsN 1

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Tim Verifikasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) melakukan penilaian di MTSN 1 Tuban yang tercatat masuk lima besar dalam kategori Madrasah Ramah Anak, Jumat (2/5/2019).

Kasi Pendma Kementerian Agama (Kemenag) Tuban, Siti Maulidiyah mengatakan, verifikasi dari KPPPA adalah untuk meninjau secara langsung dan mencocokkan dengan data yang diterima, sebagai syarat penilaian Madrasah Ramah Anak (MRA). Termasuk melihat apakah data yang dikirimkan sebelumnya sesuai dengan fakta-fakta lapangan.

"Dicocokan apakah sesuai apa tidak dengan yang didata," ungkap Siti Maulidiyah.

Lebih lanjut, di MTSN 1 Tuban, tim menilai langsung berbagai kelayakan serta fasilitas sekolah. Seperti adanya tanda-tanda keselamatan anak, adanya kotak obat, kotak saran serta adanya perbedaan toilet laki-laki dan perempuan.

Selain itu juga dicek kesediaan tempat sampah khusus pembalut, papan nama, bangunan yang layak serta tata tertib administrasi seperti SK pendukung dan lainnya. Ia, berharap standar madrasah ramah anak ini, tidak hanya berlaku pada madrasah yang diusulkan saja, tapi semua madrasah juga yang ada di Tuban.

"Semoga yang lainnya juga mengikutinya," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala MTSN 1 Tuban, Tasmo mengatakan, selain menilai nominasi Madrasah Ramah Anak, verifikasi yang dilakukan sekaligus penyemangat dalam mewujudkan madrasah yang lebih baik, yang lebih peduli dan ramah terhadap tumbuh kembang anak .

Siti Maulidiyah menambahakan, penilaian ini menjadi awal yang baik, karena apabila anak sudah nyaman dan senang ke madrasah maka kualitas SDM bisa meningkat. 

"Dengan adanya Madrasah Ramah Anak (MRA) ini diharapkan bisa mewujudkan sekolah yang peduli dengan keselamatan anak,” tandas Tasmo. 

[nid/col]