Aksi People Power, Camat Semanding: Wilayah Kami Aman

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Menanggapi perihal  surat edaran dari Seketariat Daerah (Sekda) terkait imbauan larangan pemberangkatan massa ke Jakarta pada tanggal 22 Mei 2019, Seketaris Kecamatan Semading mengatakan, wilayahnya aman terkendali, Selasa(21/5/2019).

Pada tanggal 20 Mei 2019, tepatnya kemarin Sekda Kabupaten Tuban meberikan surat edaran yang ditunjukan kepada Camat di seluruh wilayah Tuban, yang berisi tiga poin penting. 

Poin pertama berbunyi segera melakukan koordinasi dengan seluruh jajaran forkominka di wilayah masing-masing dan melakukan koordinasi dengan kades/lurah. Koordinasi dilakukan guna antisipasi dan melakukan proses pengumpulan informasi dan pengamatan potensi massa yang dimungkinkan akan berangkat atau diberangkatkan ke Jakarta.

Poin ke dua, segera melaporkan hasil pengumpulan kepada Bupati Tuban serta tembusan ke Kasbangpol Tuban.

Poin terakhir, semaksimal mungkin melakukan upaya sosialisasi dan pencegahan kepada masayarakat yang dimungkinkan akan berakat ke Jakarta pada tanggal 22 Mei 2019.

Menanggapi perihal suart edaran tersebut, Seketaris Kecamatan Semanding, Singgih Sunyoto mengatakan, sudah menindaklanjuti surat edaran tersebut kepada Lurah dan Kades yang ada di wilayahnya. 

"Kemarin kita langsung menindaklanjuti terkait surat edaran tersebut, Alhamdulillah Semanding aman, tidak ada yang mau berangkat," ungkap Singgih. 

Lebih lanjut, pihaknya juga melakukan Koordinasi dengan Kapolsek, Danramil, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di wilayah Semanding demi menciptakan kedamaian di wilayahnya.

Ia berharap, kepada masyarakat untuk menerima hasil yang telah di tetapkan KPU Pusat dan selalu menjaga kondisi senantiasa aman serta kondusif. "Karena pemilu tahun ini sudah berjejang dan transparan mulai dari TPS, KPUD,   KPUD Provinsi dan KPU Pusat," pungkasnya. [nid/col]