Refleksi 71 Tahun, IPSI Tuban Siap Kawal NKRI

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Hari ini, Sabtu 18 Mei 2019 tepat 71 Tahun Ikatan Puncak Silat Indonesia (IPSI) berdiri tegak merangkul segenap organisasi pencak silat yang ada di bumi Nusantara.

Di Kabupaten Tuban sendiri, pencak silat sudah menjadi bagian dari masyarakat. Sebab adanya tradisi, seni, dan kebudayaan leluhur turun temurun itu masih tetap terjaga dari zaman pra kemerdekaan hingga perjalanan Indonesia menuju 74 tahun kemerdekaan.

Dari banyaknya perguruan silat yang ada di Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban, sudah ada 16 perguruan yang telah terdaftar secara resmi dengan SK dan kedudukan yang pasti di mata IPSI Kabupaten Tuban.

"Di Tuban, yang sudah tergabung dalam IPSI ada 16 perguruan, dan sudah ber-SK," papar Ketua IPSI Cabang Tuban, Faisol Rozi ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Sabtu (18/5/2019).

Di samping 16 perguruan Silat yang ada di naungan IPSI Tuban, juga masih ada banyak perguruan Pencak Silat maupun kanuragan lain, yang belum mendaftarkan organisasi, maupun belum terlacak keberadaannya di mata umum.

Kendati begitu, IPSI Tuban memastikan kesolidan para perguruan yang ada dalam naungannya, untuk menjaga ketertiban umum, melindungi harkat dan martabat bangsa Indonesia, serta mencegah ancaman lain yang muncul dari oknum tak bertanggungjawab, untuk kondusifitas umum.

"IPSI Tuban siap mengawal NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika," tegasnya.

Maka dari itu, sambungnya, besar harapannya untuk insan persilatan yang ada Tuban tetap menjaga kerukunan , persatuan, dan paseduluran atau persaudaraan, baik dalam internal perguruan maupun antar perguruan. [feb/col]