Ini Jadwal dan Tempat Rukyatul Hilal Awal Puasa di Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tim Badan Hisab dan Rukyatul Hilal (BHR) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban akan melakukan rukyatul hilal awal puasa Ramadan 1440 H bertepatan pada hari ini, Minggu (5/5/2019). Di Kabupaten Tuban, rukyatul hilal akan digelar di menara Rukyatul Hilal, Bukit Banyuurip Kacamata Senori Kabupaten Tuban.

Kepala Kemenag Kabupaten Tuban, Sahid saat dikonfirmasi blokTuban.com mengatakan, rukyatul hilal akan digelar mulai pukul 16.00 WIB. Kegiatan tersebut melibatkan tim BHR Kemenag Tuban, pengadilan agama, tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, forkopimda, dan instansi terkait di kabupaten setempat.

"Sore ini, tim BHR akan melaksanakan rukyatul hilal di tempat yang sama tahun lalu, yakni Bukit Banyuurip," terang Sahid kepada awak media blokTuban.com, Minggu pagi.

Hasil rukyatul hilal akan dilaporkan ke Kemenag Jatim, kemudian diteruskan ke pusat untuk sidang isbat awal Ramadhan. Sidang isbat sendiri akan dimulai pukul 16.00 wib dengan diawali pemaparan dari tim Falakiyah Kemenag.

Diketahui sebelumnya, Tuban merupakan salah satu titik lokasi rukyatul hilal di Indonesia. Lokasi menara rukyatul hilal Tuban ini terletak di wilayah kerja operasional Pertamina EP Asset 4  Field Cepu. [rof/ito]