Jelang Puasa, Penjual Bunga Dadakan Muncul di Desa Wali

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang datangnya bulan suci Ramadan, sejumlah lapak pedagang bunga dadakan mulai bermunculan di Desa Wali sebutan lain Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Para pedagang bunga tahunan ini mulai menjajakkan dagangannya tersebut sejak dua hari yang lalu. Bunga-bunga yang dijual tersebut merupakan bunga untuk keperluan berziarah.

Salah satu pedagang, Dasem (50), mengaku sudah sejak dua hari ini berjulan beberapa macam bunga untuk keperluan ziarah, seperti halnya bunga Mawarmerah, Bunga Gading dan Bunga Kenanga.

"Setiap kali menjelang puasa saya berjualan bunga seperti ini, ada bunga Mawar, Gading, Kenanga dan Pandan," terang Dasem kepada blokTuban.com.

Lebih lanjut, Dasem mengungkapkan, semenjak dua hari berjualan ini pembeli masih cenderung sepi. Namun diperkirakan dua atau satu hari menjelang puasa pembeli akan ramai.

"Sekarang pembeli nasih sepi," ujar Dasem, Jumat (3/5/2019).

Sementara itu, penjual lain Yuyun (40) mengaku, rata-rata para warga membeli bunga untuk keperluan ziarah dengan berbagai macam bunga atau campur Rp2.000 hingga Rp5.000.

"Rata-rata membeli bunga Rp5.000," bebernya.

Ditambahkanya, dalam sehari ia membeli bunga tersebut kurang lebih Rp150 ribu dan terkadang habis dalam sehari. [hud/rom]