Suplai Dana Desa Wisata, Begini Implementasi Ngino

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pasca mendapat suplai dana yang diperuntukkan guna pengelolaan Desa Wisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ngino yang dipusatkan pada wisata Sendang Asmoro segera mengimplementasikan programnya.

Dalam hal tersebut, pengembangan wisata yang dilakukan tak main-main. Sebagai Desa Wisata, Desa Ngino, Kecamatan Semanding ini mendapat alokasi dana sekitar Rp 380 juta.

"Ngino Alhamdulillah dapat 380 Juta. Yang 200 juta untuk pembangunan akses jalan, sisanya untuk fasilitasnya," kata Suwanto, Kepala Bidang (Kabid) Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban.

Pihaknya juga menjelaskan, dana tersebut digunakan untuk menunjang kualitas desa wisata. Dana 200 juta dioptimalkan untuk pembangunan akses jalan, mulai dari akses jalan raya menuju ke lokasi wisata. Sedangkan sisanya, 180 juta dipusatkan guna pembangunan Gazebo, maupun sarana fasilitas wisata.

"Pembangunan oleh desa langsung, swakelola melibatkan masyarakat. Dimungkinkan dengan pihak ke tiga, tetapi kalau masyarakatnya bisa langsung menagani ya baik," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Ngino ketika dijumpai blokTuban.com tampak sedang repot memantau, dan membantu pekerjaan perbaikan sarana fasilitas wisata. Pihaknya mengaku semakin fokus meningkatkan kualitas wisata di Desa Ngino.

"Ini juga masih dalam tahap pengembangan. Ya Alhamdulillah, lancar. Semoga sebelum lebaran sudah selesai semua," papar Hartomo kepada blokTuban.com, Rabu (1/5/2019). [feb/ito]