Rapat Pleno, Sebagian Jalan Pramuka Disterilkan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi hasil penghitungan surat suara tingkat kabupaten, akses jalan Pramuka, khususnya depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban ditutup, Selasa (30/4/2019).

Penutupan akses jalan depan kantor KPU Tuban tersebut bertujuan untuk sterilisasi dan pengamanan sekitar kantor KPU Tuban, saat pelaksanaan rekapitulasi hasil Pemilu 2019 berlangsung.

Penutupan sendiri dilakukan dari sebelah selatan mulai simpang empat Polres Tuban dan untuk dari arah utara adalah depan Gang Sunan Giri atau belakang RSUD dr. R. Koesma Tuban.

"Penutupan jalan Pramuka dilakukan dengan tujuan supaya kita bisa menyekat kalau ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab," ujar Wakapolres Tuban, Kompol Priyowasono.

Ditambahkannya, penutupan jalan Pramuka untuk menghadapi pelaksanaan tahapan Pemilu ini akan dilakukan selama rapat pleno berlangsung. Sehingga diharapkan kawasan sekitar kantor KPU benar-benar aman dan steril.

"Ini perkiraan akan berlangsung selama tiga hari. Namun, untuk penutupan jalan hanya dilakukan saat rapat pleno berlangsung. Kalau rapat pleno sudah selesai akan kita buka, dan begitu seterusnya sampai tahapan ini selesai," imbuhnya.

Sementara itu, untuk proses rekapitulasi tersebut pengamanan dilakukan dengan ketat, termasuk melibatkan sejumlah personel dari Polres Tuban dengan menggunakan senjata lengkap laras panjang.

Diketahui juga, sejumlah pihak yang ikut dalam kegiatan rapat pleno rekapitulasi di KPU Tuban juga dilakukan pemeriksaan secara ketat.

"Personel Polres Tuban yang dilibatkan ada sebanyak 110 orang, sedangkan dari rekan TNI satu pleton. Terkait dengan penyekatan jalan Pramuka ini tidak sampai mengganggu akses ke rumah sakit," pungkasnya. [hud/rom]