Operasi Keselamatan Semeru 2019, Diharapkan Bisa Tekan Angka Kecelakaan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Jajaran Polres Tuban menggelar kegiatan Apel Pasukan dengan melibatkan ratusan personil gabungan yang terdiri dari Polisi, TNI, Dishub dan juga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kabupaten Tuban, Senin (29/4/2019).

Apel Pasukan yang dilaksanakan di Mapolres setempat tersebut sebagai persiapan pelaksanaan Operasi Keselamatan Semeru 2019, yang berlangsung mulai hari ini, Senin 29 April 2019.

Dalam pelaksanaan operasi, Polres Tuban akan melakukan berbagai kegiatan razia dan juga edukasi kepada masyarakat. Diharapkan dengan pelaksanaan operasi ini bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Tuban yang terbilang sangat tinggi.

"Pelaksanaan Operasi Keselamatan 2019 ini akan berlangsung selama 14 hari. Yaitu mulai dari tanggal 29 April sampai dengan tanggal 12 Mei 2019," terang Waka Polres Tuban, Kompol Teguh Priyowasono.

Lebih lanjut, pada pelaksanaan kegiatan operasi nanti akan dilakukan di beberapa titik kerawanan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban jiwa. Sat Lantas Polres Tuban sendiri juga telah melakukan pemetaan lokasi yang selama ini menjadi jalur Black Spot.

"Yang sering terlibat kecelakaan di wilayah Tuban ini termasuk usia produktif, seperti pelajar, mahasiswa. Dengan kegiatan operasi Keselamatan Semeru 2019 ini diharapkan bisa menekan angka kecelakaan," imbuhnya.

Selain memberikan edukasi terhadap para pengguna jalan dan masyarakat umum, Waka Polres Tuban menjelaskan, Polisi juga akan melakukan tindakan tegas terhadap pelanggar lalu lintas.

Terlebih untuk pelanggaran yang rawan mengakibatkan kecelakaan, seperti melawan arus, pengemudi yang menggunakan Handphone serta pelanggaran lainnya.

"Pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengendara anak-anak dan juga pengendara yang terpengaruh dengan minuman keras atau akhohol. Kalau melakukan pelanggaran tersebut akan langsung ditilang," pungkasnya.

Diketahui, apel kesiapan pelaksanaan Operasi Keselamatan tersebut dipimpin oleh Waka Polres Tuban, Kompol Teguh Priyowasono dengan diikuti personil gabungan dari TNI, Dishub dan juga Satpol PP.  Adapun personil yang dilibatkan dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan itu sebanyak 142 personil termasuk dengan personil Sub Denpom.[hud/ito]