Saling Klaim Kemenangan Harus Dihentikan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Pesta demokrasi 17 April 2019 telah selesai. Pengurus Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Jawa Timur mengapresiasi seluruh masyarakat dan komponen yang ada di Indonesia. Walaupun ada beberapa titik lemah, tapi secara umum pemilu berjalan lancar, dan tertib.

Beberapa hal yang harus dipahami bersama. Pertama terkait isu saat ini ada saling klaim kemenangan antar dua pasangan calon presiden. Kami kira harus segera dihentikan.

“Harus segera kita sudahi dan ikuti regulasi yang ada,” ucap Sekretaris PWPM Jatim, Edi Utomo, ketika ditemui blokTuban.com di Gedung Dakwah Muhammadiyah Tuban, Rabu (24/4/2019).

Sebagaimana reguasi yang ada, harus dikawal dan sesuaikan dengan aturan. Kedua, pihaknya tidak menafikann ada beberapa kesalahan, kecurangan yang indikasinya muncul di media dan seterusnya. Penyelenggara harus mengambil tindakan tegas, langkah taktis sehingga tidak menjadi isu liar yang akan mengancam keamanan bagi semuanya.

Banyaknya penyelenggara pemilu yang meninggal, juga tak luput dari sorotan Edi Utomo. Pihaknya ikut berduka dan berbela sungkawa, karena kerja keras dan beban lebih sehingga ada yang meninggal dan sakit.

“Fenomena ini harus menjadi evaluasi besar bagi kita semua,” tegas mantan Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Tuban.

Terakhir Edi berharap semua pihak ikuti seluruh proses pemilu 2019. Mari kita kawal, dan jaga bagaimana pemilu ini berlangsung jujur, adil, semua fair, dan dikembalikan kepada segala aturan yang sudah ada. [ali/ito]