Semen Indonesia Tanam 3.500 Pisang Cavendish

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com - Peringatan Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April juga diperingati Semen Indonesia. Di pabrikk Tuban, perusahaan menanam 3.500 pohon pisang Cavendish. Selain itu, tanaan Alphukat juga menyusul akan ditanam.

Penanaman dilakukan di area pascatambang tanah liat di Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakurak Senin (22/4/2019) sore. Kegiatan penanaman pohon ini melibatkan sekitar 200 orang. 

Mereka berasal dari perwakilan klub-klub binaan Semen Indonesia di Tuban dan dari petani sabuk hijau (greenbelt) yang selama ini mengelola lahan greenbelt milik perusahaan.

‘’Penanaman pohon pisang di area pascatambang ini juga untuk pemberdayaan masyarakat yang berada di wilayah pengembangan perusahaan,’’ ujar Senior Vice President (SVP) of Production Semen Indonesia, Joko Sulistiyanto di lokasi.

Joko menambahkan, ke depan yang mengelola tanaman atau kebun pisang itu adalah masyarakat sekitar sendiri,  dan hasilnya dapat dinikmati oleh pengelolanya.

Menurutnya, di area pascatambang tanah liat di Tlogowaru itu, bakal dibuat Eco Park Kambangsemi. Selain itu, di Eco Park tersebut juga bakal didirikan kandang kambing. 

Sehingga, nantinya di tempat tersebut menjadi ladang ekonomi untuk masyarakat sekitar perusahaan.

‘’Eco Park ini nanti yang mengelola juga masyarakat. Hasilnya juga untuk masyarakat. Perusahaan hanya inisiasi dan melakukan pendampingan saja, agar Eco Park berjalan sesuai dengan yang diharapkan,’’ terangnya.

Menurut pria berjenggot ini, dalam rangka memperingati Hari Bumi atau Earth Day 2019,  Semen Indonesia juga menggelar kegiatan serentak yang disebut  “Community Day: Membangun Lingkungan”. 

Kegiatan diselenggarakan di beberapa lokasi operasional perusahaan. Seperti di Lhoknga (Aceh), Indarung (Sumatra Barat), Narogong (Jawa Barat), Cilacap Jawa Tengah, Rembang (Jawa Timur), Tuban (Jawa Timur), Gresik (Jawa Timur) dan Pangkep (Sulawesi Selatan). 

Kegiatan yang melibatkan ratusan peserta dari karyawan, mahasiswa, komunitas dan warga sekitar ini akan digelar pada Senin (22/04) sampai dengan Sabtu (27//04). Community Day 2019 merupakan bagian dari program “Membangun Kekuatan, Memajukan Indonesia.

Hal ini merupakan bentuk kontribusi perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Semen Indonesia mengajak karyawan bersama elemen masyarakat di sekitar perusahaan untuk melakukan aksi nyata dalam pelestarian lingkungan.

‘’Selain penanaman pohon, juga ada pelatihan pengelolaan sampah, kampanye pengurangan sampah plastik, aksi bersih kawasan pantai dan revitalisasi kawasan hutan bakau,’’ tandasnya.[ono]