Usai Seleksi, Desa Wisata Ngino Dapatkan Bantuan dari Kemendes

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Desa Wisata Ngino,  Kecamatan Semanding, Tuban mendapatkan bantuan pembangunan sarana dan prasarana dari Kementrian Desa (Kemendes).

Kepala Bidang (Kabid), Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Suwanto, mengatakan beberapa hari yang lalu, Disparbudpora mendapatkan undangan dari Kemendes dengan tujuan untuk mendampingi Desa Ngino yang mendampatka bantuan pembangunan sapras wisata Desa Sedang Asmoro, rencana pembangunan berupa gazebo dan jalan poros ke lokasi wisata.

"Perkiraan anggran berkisar Rp400 juta," ungkap Suwanto. 

Lebih lanjut, program ini merupakan upaya dari Kemendes untuk memberdayakan ekonomi perdesaan, juga mendorong menjadi desa mandiri serta untuk pengentasan kemiskinan. Sejalan dengan upaya Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara maka diminta kualitas bangunan harus berstandar nasional dan berorientasi pada kepuasan layanan terhadap wisatawan.

Sebelumnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa da Keluarga Berencana (Dispemdes KB) mengusulkan 3 desa untuk mendapatkan bantuan dari Kemendes yaitu  Desa Agrowisata Blimbing, Tasikmadu, Kecamatan Palang, Sendang Asmoro, Desa Ngino, Kecamatan  Semanding dan Wisata Tengah Sawah, Desa Sumberejo, Kecamatan Rengel.

Kemendes melakukan kujungan di tiga desa tersebut yang didampingi Dispemdes KB,  Disparbudpora dan Dinas PUPR, hasil kunjungan dipresentasikan oleh Tim Survey dan diseleksi di Jakarta. Hasilnya Desa Ngino yang terpilih untuk mendapatkan bantuan, hal ini berdasarkan dari tiga lokasi tersebut  yang paling besar tingkat kunjungannya dan juga beberapa aspek lainnya penilaian Desa Ngino yang paling baik. Di samping itu, pertimbangan status tanah harus kepemilikan pemerintah desa setempat, karena aset yang dibangun akan tercatat sebagai aset desa.

"Penilian di Desa Ngino yang paling tinggi,"ungkapnya. [nid/lis]