Sortir 4 Jutaan Surat Suara, KPU Tuban Hanya Temukan Puluhan yang Rusak

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dari empat jutaan surat suara Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban hanya menemukan puluhan surat suara yang rusak. Jumlah detail dari puluhan surat yang rusak, Ketua KPU Kasmoeri belum membeberkannya.

"Nanti saya lihat datanya surat yang rusak," kata Kasmoeri kepada blokTuban.com, Rabu (3/4/2019).

Surat suara rusak tersrbut, sudah KPU laporkan ke KPU RI untuk diganti sesuai dengan kekurangan akibat sortir. Intinya kekurangan tersebut segera dikirim oleh KPU RI.

Diberitakan sebelumnya, KPU Tuban telah menerima surat suara penuh DPR RI, DPRD Provinsi, sebagian surat DPRD Kabupaten (dapil V belum) dan Presiden, terakhir belum menerima surat suara DPD secara utuh.

Untuk jumlah tiap-tiap surat suara yaitu 960.373, itu berlaku baik untuk surat suara DPRD Kabupaten, Provinsi, RI, surat suara DPD dan juga surat suara Presiden.

"Jumlah surat suara tersebut sudah termasuk tambahan dua persen dari jumlah pemilih yang masuk daftar pemilih tetap (DPT)," imbuhnya.

Tercatat, pada pleno DPTb terbaru yaitu terdapat 939.670 pemilih yang tersebar di 20 kecamatan. Terdapat selisih pengurangan 95 pemilih dari jumlah DPTHP tahap 2. [ali/ito]