Dua Hari Lagi TMMD Ke-104 Tuban Ditutup

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Dua Hari menjelang penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), warga Desa Brangkal, Kecamatan Parengan mulai merasa kehilangan. Keakraban yang selama ini terbangun antara TNI dengan masyarakat seakan tidak pernah kembali lagi.

Suasana haru mulai terlihat di raut wajah masyarakat yang selama ini terbiasa bercengkarama di sela-sela kegiatan TMMD, Senin (25/3/2019). Masriatun (58), salah satu warga Desa Brangkal yang rumahnya direhab anggota satgas TMMD mengatakan, keberadaan TNI di desanya memberikan kesan istimewa bagi warga.

“Selama ini kami terbiasa bercanda ria di sela-sela kegiatan terlebih pada momen makan bersama, bekerja bersama-sama bahwa malam pun kami bercanda bersama dengan satgas TMMD,” tutur Masriatun, kepada blokTuban.com.

Hal yang sama juga diutarakan Sukirno (43), yang mengatakan, dirinya berterima kasih kepada TNI karena selama keberadaannya di desa mereka banyak manfaat yang diperoleh, baik keluarga maupun warga sedesanya.

“Kami sangat berterimakasih kepada TNI, karena banyak hal yang bermanfaat bagi kami selama kegiatan TNI di sini,” bebernya sambil meneteskan air mata.

Sesuai rencana, program TMMD Ke-104 tersebut akan ditutup pada Rabu (27/03/2019), di lapangan bola Desa Parangbatu Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Sejumlah personel baik dari jajaran TNI maupun Instansi terkait, begitu serius melakukan sejumlah persiapan termasuk akan menggelar gladi kotor dan gladi bersih upacara penutupan TMMD Ke-104 pada Selasa.

Dandim 0811 Letkol Inf. Nur Wicahyanto, selaku Dansatgas TMMD mengatakan, Gladi kotor dan gladi bersih kali ini dilaksanakan di lapangan bola Dusun Gerunggung Desa Parangbatu Kecamatan Parengan, lapangan itu tempat dilangsungkannya upacara penutupan pada Rabu.

"Menjelang penutupan TMMD tentunya banyak sarana dan prasarana yang akan disiapkan termasuk pembersihan dan pemasangan Baliho di sekitaran lapangan tempat upacara penutupan TMMD," tegas Dandim.

Dikatakannya, sebagai Dandim Tuban untuk mendukung penutupan program TMMD ke-104 yang akan ditutup Rabu besok, perlu adanya personil dari anggota kodim untuk bersama-sama merapikan dan membersihkan sekaligus mempersiapkan tempat yang akan dijadikan upacara penutupan.

"Mudah-mudahan pada saat upacara penutupan besok cuaca mendukung, tidak terlalu terik maupun hujan sampai upacara penutupan TMMD selesai," tutupnya. [ali/rom]