Kerja Bakti Tuntaskan Jalan, Musala hingga Pos Kampling

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Program TNI Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tuban ke-104 tahun 2019, telah menuntaskan infrastruktur jalan, musala hingga pos kampling. Terwujudnya infrastruktur tersebut berkat kerja bakti TNI dan warga setempat.

Warga Desa Brangkal Kecamatan Parengan, Parnadi (53) rela mengundur jadwal kerja yang lain, demi untuk ikut kerja bakti bersama personil satgas TMMD. Walaupun mundur satu dua hari tidak jadi masalah, justru kerja bakti membantu TNI yang menggelar TMMD di desa sangat penting baginya.

“Tidak berlebihan semua ini saya lakukan sebagai ungkapan terima kasih dengan apa yang telah dilakukan oleh jajaran Kodim 0811/Tuban,” ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa(12/3/2019).

Pria yang juga pedagang ini menyatakan, jika jalan yang akan dibangun TNI bersama warga di TMMD manfaatnya cukup besar. Selain mendekatkan warga Brangkal yang akan bepergian ke sawah, jalan juga akan memperlancar aktifitas warga sehari-hari.

Lebih dari itu, panasnya terik matahari tidak menyurutkan semangat personel Satgas TMMD 104 Kodim 0811/Tuban membantu setiap kesulitan rakyat di sekelilingnya. Dengan cekatan Praka Ilham anggota Satgas TMMD memoles dinding bangunan musala setempat.

Tugas TMMD merupakan wujud bhakti TNI kepada masyarakat. Pihaknya ingin membuktikan bahwa TNI bukan hanya bertugas menjaga keamanan negara, akan tetapi juga memiliki kepedulian sosial terhadap masyarakat utamanya di pedesaan.

"Ini adalah bentuk kepedulian kami kepada masyarakat, dan kami akan selalu membantu kepada masyarakat tanpa pandang pilih," tutur Ilham.

Pembangunan Pos Kamling (Keamanan Lingkungan) yang dikerjakan personel Satgas TMMD juga telah berdiri kokoh. Pos tersebut merupakan salah satu cara untuk menjaga kondusifitas wilayah tetap aman, dan terjaga dari tindak kejahatan.

DankiSatgas TMMD, Kapten Arm. Teguh Hariwibowo menambahkan, pembangunan Pos Kamling kini sedang dikerjakan di Desa Brangkal ukuran 3x4 meter yang nanti hasil pembangunan diharapkan bisa dirawat warga lokal.

“Dengan dibangunnya Pos Kamling di desa brangkal tentu masyarakat akan senang karena keamanan dan kondusifitas desa akan terjamin dan Pos Kamling ini akan rutin dijaga dengan ronda tiap malam," harap DankiSatgas.

Pembangunan Pos Kamling pun diterima masyarakat dengan baik karena selama ini masyarakat justru mendambakan Pos Kamling agar keamanan dan kondusifitas. [ali/rom]