DanKiSatgas: Rakyat Ibu Kandung TNI

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - TMMD ke-104 tahun 2019 di Desa Brangkal, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban sudah berlangsung dua pekan. Hubungan tali silahturahmi antara warga di lokasi TMMD dan personel satgas semakin akrab.

Salah satunya dilakukan oleh Serka Gunawan dari satuan Brigif 16 yang tergabung dalam satgas TMMD Ke-104 Kodim 0811/Tuban yang bersilaturahmi ke warga dikala selesai bekerja.

Kapten Teguh Hariwibowo (Dankisatgas), menjelaskan beberapa hari ini satgas TMMD terlihat semakin akrab dan selalu membaur dengan warga Desa Brangkal.Rakyat merupakan ibu kandung TNI, sudah tidak bisa di pisahkan.

"Hubungan antara TNI dan Rakyat itu sudah seperti ibu dan anak. Tidak mudah di pisahkan begitu saja,” ujar DanKiSatgas, kepada blokTuban.com, Senin (11/3/2019).

Gunawan salah satu satgas TMMD di Brangkal, masyarakat dan personel satgas seakan menjadi momentum tersendiri. Ia mengatakan meskipun hanya sementara, namun satgas TMMD di desanya, sudah selayaknya seperti keluarga sendiri.

“Hampir setiap hari, warga suka membantu kami di desa ini. Kadang kita bertamu ke setiap rumah hanya sekedar untuk ngopi dan ngobrol bareng, namun sudah seperti saudara sendiri pokoknya," sambung Gunawan.

Saat rehat sejenak untuk melepas lelah, tak canggung lagi warga Brangkal bercanda gurau dengan Satgas TMMD. Personel TNI berasal dari rakyat, karena itu tanpa rakyat TNI tidak ada apa-apanya.

TNI berasal dari Rakyat dan harus menyatu dengan Rakyat karena tanpa Rakyat TNI tidak ada apa-apanya. Oleh karena itu, kami selalu mengedepankan komunikasi sosial untuk menjalin kedekatan dengan masyarakat brangkal melewati program TMMD. [ali/ito]