Tagana Korcam Soko Tanam 1000 Pohon di Sandingrowo

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Gerakan Bakti Sosial (Baksos) pasca banjir yang dilakukan serentak oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) Jawa Timur (Jatim), diwujudkan dengan tanam 1000 pohon oleh Tagana Koordinator Kecamatan Soko.

Giat tanam pohon yang dipusatkan di sekitar jalan poros Desa Sandingrowo, Kecamatan Soko itu telah berjalan sejak Sabtu (9/3/2019) kemarin hingga pagi ini, dengan tambahan acara jalan sehat bersama Karang Taruna (Kartar) Tunas Harapan Desa Sandingrowo.

Tagana Koordinator Kecamatan (Korcam) Soko, dalam hal itu mengungkapkan bahwa kegiatan tanam pohon tersebut diharapkan memberi efek penghijauan lebih kepada lingkungan yang sering terdampak bencana, terlebih pada banjir.

"Kegiatan tanam pohon juga bisa digunakan untuk membuat pori-pori, agar banjir teratasi," papar Tagana Korcam Soko, M. Mabruri kepada blokTuban.com, Minggu (10/3/2019).

Sepanjang jalan poros Desa Sandingrowo, meliputi jalanan Dusun Sundulan, Karangdowo, dan Dusun Semanding ditanamkan pohon produktif, seperti pohon Nabgka, pohon jambu, pohon Mahoni, Jati, dan pohon Randu.

Giat penghijauan untuk mengantisipasi dampak lingkungan tersebut, merupakan suatu langkah awal kegiatan pasca banjir di Sandingrowo. Kedepan, pihaknya juga akan mengupayakan kegiatan serupa pada wilayah terdampak banjir lain di kecamatan Soko.

"Biar bisa sukses, pohon terus hidup, tentu tanaman harus dirawat. Masyarakat juga punya andil kuat dalam perawatan pohon, sebab pentingnya pohon sebagai jantung dunia," pungkasnya. [feb/ito].