Tanggul Jambon Jebol 5 Meter

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Tuban, Jawa Timur pada sejak Selasa (5/3/2019) malam, menyebabkan tanggul Avour Jambon jebol sekitar 5 meter. Ketinggilan titik yang jebil sekitar 2,5-3 meter. Ditemukan pula 5 titik rembesan yang berdampak banjir di wilayah Kecamatan Merakurak. 

"Jebolnya tanggul tepat di tikungan," ujar Kaur Pemerintahan Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kastono, ketika ditemui blokTuban.com di lokasi, Rabu (6/3/2019).

Sungai Jambon tak mampu menampung debit air kiriman dari wilayah hulu perbukitan. Jebolnya tanggul sisi Timur, membuat lahan pertanian Dusun Mulung terendam. 

Sedangkan 5rembesan tanggul di sisi barat membuat rumah warga, jalan lingkungan, dan yayasan Salafiyah Merakurak terdampak. Rembesan muncul dari bawah bronjong yang telah dipasang oleh Pemkab Tuban. 

"Kalau tanggul tak segera diperbaiki, pasti dampaknya meluas," katanya.

Plt Kepala Dinas PUPR Tuban, Edi Kartono, belum bisa dikonfirmasi. Pesan WhatsApp yang dikirimkan blokTuban.com sejak pukul 09.37 Wib belum direspon. 

Data Litbang blokTuban, di akhir 2017 silam Pemkab Tuban telah menganggarkan perbaikan tanggul Avour Jambon sebanyak Rp45-75 miliar. Sebagian tanggul yang telah dibronjong aman, sedangkan yang belum dibronjong rawan jebol. [ali/ono]