TPPI Beberkan Program CSR ke DPRD Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kilang PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) telah membeberkan program Corporate Social Responsibility (CSR) ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban, Jawa Timur.

Maksud dan tujuan kedatangan DPR Komisi C adalah menindaklanjuti kegiatan kunjungannya ke Pasir Putih Remen dan Syeh Subakir, yang mana ada laporan dari perangkat desa terkait permintaan pengembangan kedua wilayah potensi wisata dikembangkan melalui dana CSR TPPI.

"Kami Komisi C melakukan konsolidasi dengan jajaran Management TPPI yang dihadiri oleh GM TPPI, GA Manager dan PR & CSR Section Head," ujar Ketua Komisi C, Mar’atun Sholikhah, SH, Sabtu (2/3/2019).

Kepada blokTuban.com, PR & CSR Section Head PT TPPI Tuban, Taheran Sidik Prabowo, ST. MM, menjelaskan mengenai pengembangan kedua wilayah potensi wisata, perlu dikaji lebih dalam lagi terutama dengan Pemerintah Kabupaten Tuban terkait penataan wilayah / tata kota dan tata ruang.

"Sekaligus perlu diperhatikan juga peraturan mengenai jarak lokasi wisata umum dengan lokasi TPPI yang sudah berstatus sebagai Obvitnas ( Obyek Vital Nasional )," terangnya.

Lebih dari itu, program CSR TPPI saat ini difokuskan pada program pendidikan, pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan. Dimana program ini merupakan program yang masih sangat dibutuhkan bagi masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan tersebut Komisi C menyampaikan hasil kunjungan ke Desa Remen mendapat laporan mengenai perbaikan balai desa oleh perusahaan sekitar. Pihak TPPI menjawab nanti laporannya akan menjadi bias, dan berpotensi tidak auditable antara dana dari perusahaan dan dana desa karena obyek yg dikerjakan sama.

Sekalipun laporan dana desa akan dibuat sumbangan pihak ketiga, tetapi bentuk fisiknya akan sulit dilaporkan mana yang dipertanggungjawabkan oleh dana desa dan dipertanggung jawabkan oleh perusahaan.

"Dalam hal ini pihak perusahaan lebih berkonsentrasi pada pembangunan RTLH, MCK dan rencana 2019 ditambah pembenahan sarana pendidikan khususnya PAUD atau TK," jelas pria ramah ini.

Sebagai catatan, di 2018 PT TPPI telah menggelontorkan dana CSR sebesar Rp1.387.989.500. Dana CSR TPPI berada diurutan ke 4 dari 34 perusahaan di Tuban.

Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, dana CSR TPPI terus merangkak. Tahun 2016 sebesar Rp906.226.680. Tahun 2017 sebesar Rp1.336.728.000. Tahun 2018 sebesar Rp1.387.989.500. Untuk tahun 2019 sebesar Rp1.953.163.810.

"Selama 2018 CSR terkosentrasi pada pendidikan dan pelatihan, dukungan umum dan keolahragaan, sosial kemasyarakatan, infrastruktur, lingkungan, hubungan eksternal dan pemerintah," pungkasnya. [ali/ito]