Pemdes Kedungrojo Potongi Kayu Sepanjang Jalan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Demi mengantisipasi dampak yang dimungkinkan muncul sebab cuaca ekstrim belakangan ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungrojo, Kecamatan Plumpang memotong kayu di sepanjang jalanan desa setempat.

Salah satu perangkat desa Kedungrojo, Danarji ketika berada dilokasi giat pemotongan kayu ini mengatakan jika tak semua kayu di tepi jalan penghubung antar desa tersebut dipotong.

"Kita hanya potong kayu-kayu yang berpotensi roboh sewaktu-waktu saja, bukan semuanya. Soalnya sekarang ini kan cuaca ekstrim," ujar Danarji, Kaur Kesra Desa Kedungrojo, Minggu (24/2/2019).

Ditambahkannya lagi, pihak desa tak mau bila ada kejadian pohon tumbang sehingga merepotkan masyarakat sekitar dan pengguna jalan. Sebab pernah sekali kejadian pohon tumbang akibat cuaca ekstrim di Dusun Kedung, sampai memutuskan kabel jaringan listrik dan mengakibatkan pemadaman.

Masih kata Danarji, selain antisipasi potensi dampak cuaca ekstrim, pohon tinggi menjulang dan ditengarai bisa membahayakan pengguna jalan jugae jadi sasaran pemotongan. Sebab tak akan tahu bagaimana keadaan pohon yang besar nan tinggi bilamana terjadi kropos di bagian dalamnya.

"Ini juga kan demi kemananan, biar gak ada lagi pohon tumbang kena kabel listrik ataupun yang membahayakan pengguna jalan," katanya.

Selain itu, kegiatan yang dimulai sejak pagi tadi hingga nanti sore tersebut, akan terus bergulir hingga jalanan perbatasan desa lain. Yakni sebelah timur perbatasan Desa Sambungrejo, dan disisi barat hingga desa Kepohagung serta Desa Prambonwetan Kecamatan Rengel.

"Sebelumnya juga sudah kita koordinasikan dengan PU, karena pohon di pinggir jalan ini kan milik PU. Tapi dari sana sudah mengizinkan, dan akan ikut terjun membantu kegiatan juga," pungkasnya kepada blokTuban.com. [feb/ito]