Pasca Bencana, BPBD Kaji Cepat Banjir dan Longsor Waleran

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Usai kejadian longsor dan banjir yang melanda Desa Waleran, Kecamatan Grabagan Selasa (19/2/2019) sebab hujan deras, Tim Jitupasna BPBD Tuban melakukan kaji cepat dilokasi.

Banjir dan tanah longsor itu mengakibatkan akses jalan penghubung antara Desa Waleran dan Desa Boro tertimbun tanah sehingga mengganggu pengguna jalan. Dalam kunjungan lokasi itu, tim bersama aparat dan warga Kecamatan Grabagan kerja bhakti membersihkan sisa material lumpur agar jalan bisa dilewati kembali.

 "Dimungkinkan ke depannya diupayakan penyaluran material bronjong untuk menahan tanah yang bisa mengakibatkan longsor," ujar perwakilan Tim Jitupasna BPBD Tuban, Frendi Setiawan, Rabu (20/2/2019).

Masyarakat Desa Waleran mengapresiasi aksi tanggap BPBD Tuban yang terjun ke titik lokasi. Mereka berharap supaya bencana kemarin tak lagi terjadi kedua kalinya.

"Insyaallah sudah aman sekarang. Tapi kalau lebih amannya juga dibronjong cepat," kata Hariono, Kaur TU  Desa Waleran.

Sementara, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Grabagan, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ali Kanafi juga memastikan kondisi usai bencana dan longsor Dusun Gegunung Desa Waleran tersebut aman.

"Kondisi sudah aman saja. Lokasi longsor juga sudah bersih,’’ katanya [feb/ono].