Begini Dampak Super Snow Moon Bagi Masyarakat Pesisir

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Fenomena Super Snow Moon di mana posisi bulan dan bumi berada pada perigee (jarak terdekat) yang mempengaruhi pola pasang maksimum air laut Indonesia. Utamanya di wilayah Pesisir Utara Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, dan Kalbar.

Untuk masyarakat di Kabupaten Tuban diminta untuk waspada, karena fenomena ini akan mengganggu aktifitas bongkar muat di pelabuhan, aktifitas petani garam, dan bisa memyebabkan banjir Rob.

"Dampak ini masih tergantung topografi dan kondisi wilayah pesisir," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III BMKG Tuban, Desindra Deddy Kurniawan, kepada blokTuban.com, Selasa (19/2/2019).

Untuk meminimalisir dampak fenomena ini, masyarakat juga dihimbau memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

Sebagai catatan, Supermoon diprediksi mulai pukul 16.02 (bulan di Perigee) Wib sampai 22.53 Wib (bulan purnama). Saat purnama perigee terjadi, ukuran bulan menjadi lebih besar 14% dari saat bulan Apoge. Demikian juga kecerlangannya akan lebih cerlang 30% dibanding saat purnama apoge.

"Tidak terjadi gerhana bulan," pungkasnya. [ali/ito]