Mentan: Tuban Banjir Jagung, Indonesia Bakal Ekspor Jagung

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, pada bulan Februari 2019 ini Kabupaten Tuban, Jawa Timur banjir jagung.

Dia menyebut, pada bulan ini luasan panen jagung di Kabupaten Tuban mencapai 50 ribu hektar, dengan hasil produksi diperkirakan 500 ribu ton.

"Tuban banjir jagung, bulan Februari ini panen jagung melimpah," kata Menteri Pertanian RI saat Panen Raya Jagung di Kabupaten Tuban.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, dengan melimpahnya persediaan jagung di beberapa wilayah di Indonesia ini, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat pemerintah akan melakukan ekspor jagung hingga kurang lebih 500 ribu ton.

Dengan tujuan ekspor jagung adalah negara Filipina dan beberapa negara di Asia lainnya.

Sedangkan, untuk jagung yang akan diekspor adalah jagung dari hasil produksi petani Provinsi Gorontalo, Nusa Tenggara Barat serta Provinsi Jawa Timur. "Dalam waktu dekat ini kita akan ekspor jagung, semoga total ekspor nanti bisa tembus sampai 500 ribu ton," jelas Mentan RI.

Sekadar diketahui, Kunjungan Kerja (Kunker) Mentan di Dusun Tileng, Desa Talun Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban ini, selain melakukan panen raya jagung juga menyaksikan langsung Kontrak Pembelian Jagung antara Gapoktan, Bulog dan Peternak/Assosiasi /Feedmill/GPMT serta menyerahkan bantuan kepada petani. [hud/rom]