Harga Jagung di Tuban Rp3.600

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Andi Amran Sulaiman menyatakan, beberapa wilayah di Indonesia saat ini telah memasuki musim panen jagung. Wilayah tersebut diantaranya berada di Sulawesi, Sumatera dan Jawa.

Dia menyebut, di musim panen raya ini harga jagung ditingkat petani bervariasi antara Rp3.150 - Rp3.600 perkilogram tergantung setiap wilayah. Namun untuk di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Tuban harga jagung ditingkat petani Rp3.600 perkilogram.

"Di Lamongan kemarin harga jagung Rp3.600, di Tuban juga Rp3.600," kata Menteri Pertanian RI kepada wartawan, Jumat (15/2/2019).

Disisi lain, Amran juga mengaku khawatir jika nanti harga jagung ditingkat petani anjlok, oleh karenanya untuk mengantisipasi hal itu dia meminta agar perusahaan besar yang membutuhkan jagung untuk membeli dari petani mulai dari sekarang lalu disimpan. Dan jangan sampai nanti di bulan Oktober berteriak lagi. 

"Sampai bulan Oktober aman, namun dimungkinkan harga jagung di bulan Desember dan Januari akan naik, karena itu paceklik namun itu sudah bisa diatasi," pungkasnya.[hud/col]