Di Depan Mentan, Bupati Sebut Jagung Tuban Nomor 1

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) dengan menghadiri kegiatan panen raya jagung di Dusun Tileng, Desa Talun Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jumat (15/2/2019).

Dalam Kunker Mentan itu, Bupati Tuban H. Fathul Huda yang memberikan sambutan pertama menyebut, kualitas produksi jagung para petani di Kabupaten Tuban menjadi nomor satu se-Jawa Timur bahkan se-Indonesia.

"Tuban alhamdulillah jagungnya nomor satu, sehingga kita harus mempertahankan itu," ujar bupati dalam sambutannya.

Bupati juga berharap, agar para petani di Kabupaten Tuban ini mempertahankan kualitas jagung tetap menjadi nomer satu, jangan sampai kualitas dan produksi jagung di Kabupaten Tuban ini menurun dan kalah dari daerah lainnya.

Dijelas bupati dua periode ini, lahan potensial untuk pertanian di Kabupaten Tuban adalah seluas 161, 896 hektar dari luas administrasi wilayah Kabupaten Tuban seluas 183.994 hektare, sehingga 88 persen di Kabupaten Tuban adalah lahan untuk pertanian.

Dengan potensi tanaman padi tahun 2018 lalu sebanyak 105.721 hektar, dan terealisasi sebanyak 107.636 hektar. Sedangkan potensi tanaman jagung di tahun 2018 lalu yang ditargetkan sebanyak 109.704 hektar dan terealisasi sebanyak 113.290 hektar.

"Kabupaten Tuban telah mampu berswasembada pangan dan bahkan menjadi penyangga lumbung pangan nasional terutama di jawa timur," pungkasnya bangga. [hud/rom]

menteri-1