Ular Sanca Pemakan Ternak Ditangkap Warga

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Warga Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur digegerkan dengan ular Sanca sepanjang empat meter yang turun dari Bukit Ngroto. Ular seberat kurang lebih 32 Kg tersebut, ditangkap setelah makan ternak warga sekitar pukul 01.00 WIB pada Minggu (10/2/2019).

Penangkap ular Sanca, Warido Efendi (45), mengaku Sanca kembang tersebut turun dari sarangnya disaat hujan lebat. Seekor ayam dan bebek dilahapnya, dan setelah ketahuan warga ternak dimuntahkan.

"Turunnya ular setahun sekali saat lapar," ujar Warido saat ditemui blokTuban.com di halaman rumahnya.

Munculnya ular pemakan ternak ke pemukiman warga sangat sering. Terkadang seekor sampai tujuh ekor ular. Rata-rata hewan melata tersebut tidak dibunuh, melainkan dikembalikan ke sarangnya.

Lokasi sarang ular berada di Barat pemukiman. Di atas bukit Ngroto terdapat goa yang menjadi habitat ular untuk berkembangbiak.

"Dari pada makan anak kecil ular Sanca ditangkap dan rencana besok Jumat dikembalikan ke sarangnya," beber pria yang sering menangkap puluhan ular sejak tahun 2000.

Beberapa jam selepas ditangkap, Sanca Kembang menjadi tontotan warga sekitar dan anak kecil. Awalnya mulut Sanca diikat menggunakan perekat, karena kasihan tali tersebut dilepas oleh Warido. [ali/ito]