Disdikda Tuban Imbau Tarik Buku SD yang Bertulis NU Berpaham Radikal

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) Tuban meminta kepada Kepala Sekolah (Kepsek) di seluruh Bumi Wali untuk menarik buku Kurikulum 2013 (K-13) yang di dalamnya terdapat penjelasan tentang NU organisasi radikal. Hal itu sebagai antisipasi agar siswa tak salah pemahaman.  

Sebagaimana diketahui, buku tematik tepadu kurikulum 2013 (K-13) dengan tema Peristiwa dalam Kehidupan untuk kelas 5 SD dan MI yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan kebudayaan (Kemedibud) pada halaman 45 tertulis, Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi radikal dalam perjuangan melawan Hindia Belanda, disamakan dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan Partai Nasional Indonesia. 

Kepala Bidang  (Kabid) Sekolah Dasar (SD) Disdikda Tuban, Sumarno, mengatakan untuk  mengatisipasi hal tersebut, ia telah meminta kepada kepala sekolah di Kabupaten Tuban untuk menarik buku tersebut.

"Kemarin kita telah melakukan perintah untuk menarik buku tesebut dari siswa," ungkap Sumarno. 

Lebih lanjut, untuk saat ini,  siswa masih tetap menggunakan buku tersebut saat jam pelajaran berlangsung. Hanya saja materi tersebut dilewati dan apabila sudah usai pembelajaran buka akan ditarik kembali dari siswa sampai menunggu keputusan dari Kemendikbud.

"Kemarin kita telah menghungi Kemendikbud, jawabanya masih ditangani pimpinan, "ungkapnya. [nid/lis]