Koordinator Proyek Kilang Tuban Jelaskan Manfaat Pembangunan NGGR

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kilang New Grass Root Refinery (NGGR) atau Kilang Tuban yang akan dibangun di wilayah Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban bakal menjadi salah satu penopang pemenuhan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia.

Bila selama ini, untuk memenuhi kebutuhan konsumsi minyak di dalam negeri harus impor sebesar 110 juta liter per hari, maka dengan dibangunya Kilang NGGR atau Kilang Tuban pemenuhan kebutuhan minyak di dalam negeri sebanyak 220 juta liter per hari akan terpenuhi.

Selain untuk memenuhi kebutuhan BBM di dalam negeri, pembangunan kilang Minyak Tuban juga akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Karena dengan dibangunya kilang minyak itu akan menyerap ribuan tenaga kerja dengan mengedepankan masyarakat terdampak sebagai perioritas pertama.

"Kilang minyak akan banyak menyerap tenaga kerja, dan masyarakat akan mendapatkan prioritas pertama," kata Projek Koordinator NGGR Tuban, Kadek Ambarajaya, Selasa (5/2/2019).

Selanjutnya, masyarakat sekitar juga merasakan akan ada peningkatan permintaan konsumsi kebutuhan primer untuk pekerja atau karyawan kilang minyak, seperti halnya kebutuhan makanan, pakaian serta perumahan atau kos-kosan. 

"Ini menjadi peluang usaha baru bagi warga masyarakat sekitar," papar Kadek 

Selain itu, juga akan ada peningkatan permintaan kerja sama dalam proyek, antara lain dengan kontraktor lokal, suppliyer lokal dan workshop lokal. 

Dan tidak menutup kemungkinan akan berkembang dan tumbuh industri pendukung yang mempercepat pertumbuhan perkembangan daerah sekitar kilang antara lain, transportasi, ojek angkot, restaurant atau warung, kos-kosan atau prnginapan, pasar swalayan, hiburan, pelayanan kesehatan pendidikan dan lainnya. [hud/col]