Ini Kandungan dalam Ikan Buntal yang Mematikan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dua orang warga Desa Sumurgung, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban keracunan usai mengkonsumsi telur ikan buntal. Akibatnya, satu orang korban meninggal dunia dan satu korban lagi menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Koesma Tuban.

Data yang dihimpun blokTuban.com, korban meninggal dunia akibat keracunan telur ikan buntal diketahui bernama Rudiyanto Wijaya (37) warga RT/13 RW/03 Dusun Lebak, Desa Sumurgung, Kecamatan Montong sedangkan korban yang dirawat di RSUD diketahui bernama Muhaimin (40) warga Dusun Bean, Desa Sumurgung, Kecamatan Montong.

Menanggapi adanya korban keracunan telur ikan buntal tersebut, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Endah Nurul Khomariyati mengungkapkan, bahwa ikan buntal memang salah satu hewan bertulang belakang yang mengandung racun.

"Secara alami di dalam tubuh ikan tersebut terkandung racun yang berbahaya," terang Endah saat dikonfirmasi, Senin (4/2/2019).

Lebih lanjut, Endah juga mengemukakan bila kandungan racun di dalam tubuh ikan tersebut bernama zat racun Tetrodotoxin yang 10.000 kali berbahaya bila dibandingkan dengan Sianida. "Zat racun Tetrodotoxin 10.000 kali berbahaya dari pada Sianida," jelasnya.

Sekadar diketahui, pada Minggu (3/2/2019) malam, warga Desa Sumurgung, Kecamatan Montong dibuat geger, lantaran adanya dua warga desa setempat yang mengalami keracunan telur ikan buntal hingga mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan satu orang lagi masih dalam perawatan di RSUD.[hud/col]