Dispemas-KB Tekankan Sosialisasi Pilkades

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Dispemas-KB) menekankan pada tahapan sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 nanti, minimal setiap desa melakukan sosialisasi sampai tiga kali.

Hal itu diungkapkan oleh Kasi Peningkatan Kapasitas Aparat dan Lembaga Pemerintahan Desa Suhut. Menurutnya pada tahapan sosialisasi Pilkades serentak 2019 nanti, setiap desa diharapkan bisa melakukan sosialisasi minimal tiga kali.

"Kami tekankan minimal pada tahapan sosialisasi Pilkades nanti setiap desa melakukan sosialisasi minimal tiga kali," terang Suhut kepada blokTuban.com.

Ditambahkannya, pada tahapan sosialisasi itu Pemkab Tuban hanya menyediakan anggaran sekitar Rp400 ribu untuk anggaran Banner sosialisasi. Sedangkan, untuk konsumsi atau lain-lain dianggarkan dari APBDes setempat.

"Kami menganggarkan sosialisasi Rp400 ribu untuk banner, sedangkan untuk keperluan sosialisasi sendiri dari masing-masing APBDes," tandas Suhut.

Sementara itu, lanjut Suhut, untuk tahapan awal kegiatan Pilkades serentak di Kabupaten Tuban tahun 2019 adalah Pemberitahuan kepada BPD pada 14 Februari, dilanjutkan dengan tahapan Pembentukan Panitia Pemilihan dan Sosialisasi selama 15-28 Februari. [hud/rom]