Januari, 168 Orang Kena DB, 2 Meninggal Dunia

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kupaten Tuban mencatat, selama bulan Januari 2019 terdapat sebanyak 168 orang positif terkena penyakit Demam Berdarah (DB). Dari jumlah tersebut dua orang diantaranya meninggal dunia.

Sekretaris Dinkes Tuban, Endah Nurul Komariyati kepada blokTuban.com mengungkapkan, bahwa dari awal hingga akhir bulan Januari 2019 tercatat ada sebanyak 168 orang positif terkena penyakit DB dan dari jumlah tersebut dua di antaranya tidak tertolong.

"Selama Januari tercatat 168 orang terkena DB, dua orang di antaranya meninggal dunia," terang Endah.

Jumlah penderita DB selama bulan Januari tersebut tidak hanya terdiri dari usia anak-anak melainkan juga orang dewasa. Sehingga penyakit DB ini perlu diwaspadai bersama dengan melakukan pola hidup bersih terlbih dimusim penghujan ini.

Endah juga berharap, masyarakat ikut berperan serta dalam upaya pemberantasan sarang nyamuk. Karena selama ini Dinkes Tuban terus melakukan upaya-upaya itu baik melalui kader-kader yang ada di desa maupun petugas dari puskesmas terdekat.

"Pengendalian yang paling efektif adalah dengan pemberantasan sarang nyamuk dan meningkatkan kebersihan lingkungan," tandasnya.

Selain upaya itu, Dinkes juga telah melakukan upaya fogging atau pengasapan di wilayah-wilayah tertentu yang telah ditemukan adanya orang yang positif terkena DB serta membagikan Abate, dengan begitu diharapkan setiap rumah bebas dari jentik nyamuk.[hud/ito]