RSUD Jatirogo Batal Diresmikan Tahun 2018, Kenapa?

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tahun 2019 sudah berlalu sebulan lamanya, namun Rumah Sakit Daerah (RSUD) tipe D di Kecamatan Jatirogo urung diresmikan. 

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menargetkan Rumah Sakit kedua Pemkab Tuban itu bisa diresmikan di akhir tahun 2018 kemudian akan beroperasi tahun ini. 

Lalu apa alasannya? Berdasarkan informasi yang diberikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, Bambang Priyo Utomo kepada blokTuban.com, Kamis (31/1/2019), peresmian RSUD Jatirogo diundur lantaran beberapa hal. 

"Untuk peresmian RSUD Jatirogo diundur kerena visitasi dari Provinsi dan Wakil Asosiasi Rumah Sakit untuk penentuan kelas/type," ujar Bambang, Kamis siang. 

Saat ditanya perkiraan peresmiannya, Bambang menerangkan, Rumah Sakit eks Puskesmas Jatirogo itu pada kuartal lima bulan ke depan merujuk Perda yang ada. 

"Kira-kira Mei, karena Perda juga nanti 'didok' di DPR," tandasnya. 

Rumah Sakit yang digadang-gadang untuk mengurangi pasien overload di RSUD dr. R. Koesma Tuban itu selesai disempurnakan akhir 2018. Di tahun 2018 pembangunan fokus pada penyelesaian ruang administrasi dan mess karyawan. [rof/col]