Mengatasi Banjir, PUPR Anggarkan Rp35 Miliar untuk  ini

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Untuk mengatasi permasalahan banjir yang terjadi di wilayah kota bagian barat, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR) Tuban, akan mebangun waduk di daerah Desa Jadi, Kecamatan Semanding.

Kepala Bidang (Kabid) Sumber daya air,  PUPR,  Ahmad Rakhmat, mengatakan, untuk mengatasi permasalahan banjir yang terjadi di wilayah Merakurak dan sekitarnya, PUPR akan mebangun waduk di daerah Desa Jadi. Hal ini dikarenakan penyebab banjir karena sungai yang berada di Desa Jadi sudah tidak muat menapung debit air saat hujan deras.

" Saat hujan deras air di sungai di Desa Jadi meluber sampai ke Desa Boto, Maderjo dan Sedanghaji,"ungkap Rakhmat.

Rakhmat, menambahkan, sebenarnya ada 3 waduk yang harus dibuat untuk mengatasi bajir di Merakurak, akan tetapi tahun ini akan mebuat yang tetkecil dahulu sesuai dengan anggaran APBD. Tahun ini,  ia akan mebebaskan lahan di sekitar lokasi pembuatan waduk dengan anggaran Rp18 miliar dari APBD. Sedangkan pembuatan akan dilakukan pada tahun depan dengan anggaran perkiraan Rp35 sampai 40 miliar, dengan pajang waduk mencapai 2 kilometer dan dapat menampung air sebanyak 15000 debit air.

" Kita bertahap untuk membangun waduk,  walapun masih banjir tapi setidaknya volume airnya sudah berkurang,"ungkapnya. [nid/ito]