Pantau Kondisi, RTH di Tuban Dilengkapi CCTV

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Untuk menjaga fasilitas umum yang ada terdapat Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tuban, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemungkiman (PRKP) Tuban memasang CCTV di beberapa RTH yang ada di Bumi Wali. 

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pertamanan, PRKP Tuban,  Sumarno mengatakan, pemasangan CCTV pada beberapa RTH yang ada di Tuban bertujuan untuk memantau fasilitas umum, apabila ada tangan jahil yang merusaknya. 

"Kita jadi tahu penyebab fasilitas umum rusak karena apa," ungkap Sumarno saat ditemui di ruangannya.

Lebih lanjut, total sudah ada 10 tempat yang dipasangi CCTV di antaranya taman bermain, alun - alun, Wisata Sunan Bonang, perempatan klenteng, manunggal selatan, manunggal utara dan perbatasan Jatim-Jateng. Ia menambahkan target selanjutnya taman depan SMA 1 Tuban. 

"Target kami semua RTH harus ada CCTV-nya," ungkapnya. 

Adanya pemasangan CCTV di RTH mendapatkan sambutan positif masyarakat, salah satunya Dirda (23), ia mengatakan sangat medukung dengan adanya pemasangan CCTV selain itu dapat mengetahui penyebab kerusakan fasilitas umum. 

"Juga dapat mengetahui apabila ada pencurian di sekitar tempat tersebut. Sangat bagus karena dapat mengetahui apa saja yang terjadi di situ, termasuk ada pecurian atau tempat tersebut dibuat mesum," ungkapnya. [nid/col]