Pantai Krandenan, Alternatif Liburan Murah Meriah

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kabupaten Tuban dengan berjuta potensi alam, salah satunya wisata pantai di deretan Pantai Utara (Pantura), membuat para pengunjung dari dalam maupun luar wilayah Tuban semakin mudah menentukan spot ataupun lokasi berwisata.

Satu dari sekian pantai yang belum begitu terjemah wisatan umum adalah Pantai Kradenan Barat. Lokasinya berada di Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, berdekatan dengan area wisata religi Makam Asmoro Qondi. 

Dengan begitu, para peziarah bisa langsung mampir untuk sejenak santai menikmati deburan ombak dan semilir angin pantai.

Tak jarang wisatawan luar Tuban, seperti Lamongan, Jombang, Bojonegoro, Gresik dan kota lain, menyempatkan diri saat lewat jalur Pantura Tuban.

"Ini baru pertama kali mampir ke pantai ini. Gak sengaja juga sih, cuma pas lewat kok kelihatannya asyik buat santai," ujar Aan, pengunjung asal Lamongan Kota, Minggu (13/1/2019).

Pemuda yang saat itu sedang berlibur santai bersama keluarga kecilnya tersebut menambahkan, Pantai satu ini memiliki nuansa laut yang cukup nyaman. Meskipun belum cukup terawat dalam pengelolaan, tapi bisa jadi alternatif berlibur yang meriah.

"Sempat was-was juga. Lihat keadaannya, kok nggak ada tiket parkir atau semacamnya lah. Jadi pas ditinggal main ke seberang pantai, sedikit banyak kepikiran motor. Karena ditinggal ditepi jalan Mas," jelasnya lagi.

Pengunjung lain, Agus juga menuturkan hal yang sama. Bersama 5 orang keluarganya, ia tak sengaja singgah dan berantai sejenak di pantai yang belakang ia ketahui namanya sebagai Pantai Kradenan Barat.

"Niat awalnya ya ke Tuban saja, santai untuk liburan. Eh, pas lewat sini kok ada keinginan untuk berhenti sejenak, dan akhirnya main ke antar ini," terang lelaki asal Tambakberas Kabupaten Jombang itu.

Melihat potensi dan prospek pantai disana, dia berharap supaya pengelolaan pantai cepat lambat harus segera terurus baik. Mulai dari faktor pengamanan, hingga kebersihan lingkungan pantai.

"Kalau diurus dengan baik, pantai ini nggak bakal kalah dengan pantai lainnya kok. Sangat perlu dirawat pantai ini," pungkas Agus. [feb/col].