Tingkatkan Pastisipasi Pemilih, KPUD Tuban Rekrut Relasi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban saat ini membuka rekrutmen Relawan Demokrasi (Relasi) Pemilu 2019. KPUD mengundang seluruh masyarakat Tuban bagi yang berkenan.

Masa kerja Relasi selama tiga bulan dan disediakan honor serta piagam penghargaan. Penerimaan berkas terakhir tanggal 15 Januari mendatang. Pendaftar bisa datang langsung di kantor KPUD Tuban, Jl Pramuka No 3 Tuban pada jam kerja.

"Adapun personil Relasi yang dibutuhkan berjumlah 55 orang yang terbagi dalam 11 basis pemilih," terang Ketua KPUD Tuban, Kasmuri dalam surat pengumuman bernomor 09/HM.02-Pu/3523/KPU-Kab/I/2019.

Lebih lanjut, program Relasi yang digagas KPU melibatkan kelompok masyarakat (Pokmas) yang berasal dari 11 basis pemilih strategis. Dijelaskan Kasmuri, 11 basis pemilih strategis antara lain, basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih pemuda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marjinal, basis komunikasi, basis keagamaan, basis warga internet, dan basis relawan demokrasi.

"Pelopor-pelopor demokrasi (Relasi) akan dibentuk di setiap basis, kemudian menjadi penyuluh pada setiap komunitasnya," begitu pemaparan pihak KPU.

Diketahui, dibentuknya Relasi di Tuban ini diharapkan dapat meningkatkan partisipan Pemilu 2019 mendatang. Relasi merupakan mitra KPU untuk menjalankan sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten. [rof/ito]

Berikut Persyaratan yang Harus Dipenuhi Saat Mendaftar Relasi Tuban:

- Berusia minimal 17 tahun
- Fotokopi KTP yang masih berlaku
- Fotokopi Ijazah SLTA atau Sederajat
- Pas Foto 4 x 6 sebanyak 4 lembar
- Surat pernyataan tidak menjadi anggota Parpol selama 5 tahun terakhir.
- Surat pernyataan bersedia menjadi Relasi
- Surat keterangan terdaftar sebagai pemilih dari PPS
- Surat pernyataan tidak pernah dipidana penjara atau melakukan tindak pidana
- Surat pernyataan tidak menjadi bagian dari penyelenggara Pemilu 2019
- Sertifikat/piagam yang berkaitan dengan kegiatan KPU (bagi yang mempunyai)
-  Daftar Riwayat Hidup