Wow..! Jelang Tahun Baru Gelombang Laut Tinggi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menjelang akhir tahun 2018, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tuban mengeluarkan imbauan bagi masyarakat, terkait tinggi gelombang di wilayah perairan Jawa Timur, khususnya perairan laut utara Kabupaten Tuban.

Masyarakat diminta agar selalu waspada dengan adanya gelombang tinggi.

"Dihimbau masyarakat wilayah Kabupaten Tuban untuk mengurangi aktivitas di laut dan waspada adanya gelombang tinggi," tulis BMKG Tuban melalui akun resmi Twitternya beberapa menit yang lalu, Sabtu (29/12/2018).
 
Menurut BMKG Tuban, dalam cuitannya yang diunggah pada pukul 12.41 Wib itu, menjelang tahun baru 2019 ketinggian gelombang di Perairan Utara Tuban diprakirakan mencapai 1,5 hingga 4 meter. Hal itu sesuai prakiraan kondisi gelombang wilayah perairan Jawa Timur yang dikeluarkan BMKG Perak Surabaya.

"Menjelang tahun baru 2019 ketinggian gelombang di Perairan Utara Tuban diprakirakan mencapai 1,5 hingga 4 meter," bunyi cuitan yang dilansir blokTuban.com, Sabtu siang.

Diketahui, prakiraan kondisi gelombang wilayah perairan Jawa Timur ini berlaku mulai Minggu (30/12/2018) besok hingga Kamis (3/1/2019 mendatang. Keberadaan awan cumulonimbus (Cb) yang luas dan gelap, bisa menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang. [rof/rom]

bmkg-tbn