Pasca Tsunami Banten, Begini Imbauan BMKG Kepada Nelayan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pasca kejadian bencana tsunami di Banten, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, mengimbau kepada para nelayan agar waspada dan selalu memperhatikan kondisi ombak sebelum mutuskan untuk pergi melaut.

Himbauan itu disampaikan oleh BMKG Tuban melalui media elektronik radio maupun media massa. Lantaran pasca kejadian bencana tsunami di Banten gelombang ombak di laut utara pulau jawa naik hingga mencapai ketinggian dua meter.

"Himbauan juga kami sampaikan setiap hari melalui radio, terkait kondisi perairan utara Jawa Timur dan Laut Jawa bagian timur," terang Staf Prakiraan Cuaca BMKG Tuban, Atintri Pamungkas, Senin (24/12/2018).

Dia juga menambahkan, agar para nelayan juga melakukan pengecekan terhadap kapasitas kapal, dalam arti nelayan juga mempertimbangkan apakah ketinggian gelombang ombak itu bisa diterobos oleh kapal atau tidak.

Salain itu, Atintri Pamungkas juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mengurangi aktivitas di kawasan laut, dan dimisalkan bila sedang liburan di pantai diharapkan jangan bermain di tengah laut. "Bila sekadar liburan di pantai, diimbau jangan jauh dengan bibir pantai," pungkasnya. [hud/rom]